Pembebasan Husni Mubarak dari penjara setelah lebih dua tahun ditahan menjadi petunjuk yang jelas, kegagalan revolusi Mesir. Sekaligus menunjukkan masih kuatnya pengaruh rezim Mubarak ini di tubuh militer Mesir.

Seperti yang disebutkan oleh bbc online (22/8), Mubarak diangkut dengan helikopter dari kompleks penjara Tora di Kairo menuju rumah sakit militer di dekatnya. Tayangan televisi menunjukkan Mubarak dibawa dengan ambulans sebelum dimasukkan ke helikopter.

Sementara itu, puluhan pendukungnya di luar penjara melambaikan bendera Mesir ketika helikopter meninggalkan penjara.

Mubarak masih menghadapi pengadilan dalam kasus pembunuhan demonstran gerakan rakyat yang menumbangkan dirinya pada 2011, tapi proses hukum ini tak mengharuskannya mendekam di penjara.Dalam kasus ini Mubarak sebelumnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Otoritas militer memerintahkan Mubarak menjalani tahanan rumah setelah pengadilan mengeluarkan keputusan pembebasan bersyarat hari Rabu (21/08).

“Sesuai dengan konteks keadaan darurat, wakil penguasa militer memerintahkan Mubarak untuk menjalani tahanan rumah,” demikian pernyataan yang dikeluarkan para pejabat di kantor Perdana Menteri Hazem el-Beblawi.

Perubahan yang terjadi di Mesir sebagai imbas dari ‘Arab Spring’ hanya terjadi pada pergantian figur Mubarak dan orang-orang yang dianggap dekat dengannya. Adapun rezim militer yang selama puluhan tahun menjadi pemain utama panggung politik Mesir tidak berubah.

Rezim militer masih memiliki peran sentral dalam perpolitikan Mesir. Perubahan yang hanya sebatas figur Husni Mubarak ini tentu saja tidak membawa perubahan yang sifatnya ideologis dan sistemik.

Untuk itu umat Islam Mesir maupun negeri-negeri Islam lainnya tidak memiliki pilihan lain kecuali berjuang bersama untuk menegakkan Khilafah Islam sebagai sebuah kewajiban yang diperintahkan Allah SWT.

Dengan Khilafah Islam, seluruh syariah Islam akan ditegakkan, persatuan umat Islam sejati akan kokoh, kebaikan di dunia maupun di akhirat bisa diraih. Inilah jalan satu-satunya. Tidak ada yang lain. Inilah perubahan mendasar Mesir jilid II yang akan menyelamatkan Mesir dan dunia Islam. (AF)

Source: Religi