klaim dan keluhan

Prosedur Klaim & Keluhan di Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan

  • Management www.ekiosku.com tidak bertanggung jawab atas sengketa transaksi jual beli dan masalah pengiriman yang terjadi karena management hanya menyediakan media transaksi saja.
  • Apabila pembeli ada klaim dan keluhan, pihak management bersedia untuk menampung semua informasi dan menahan dana sampai ada penyelesaian sengketa. Sebelum ada penyelesaian, semua dana ditahan pihak management sampai ada solusi atau batas maksimal 3 (tiga) hari, penyelesaian akan berdasarkan track record penjual dan pembeli masing masing, atau diserahkan kepada pihak berwajib.
  • Jika kesalahan pengiriman (rusak akibat kecerobohan kurir), maka pembeli berhak untuk meminta penjual untuk meminta pertanggung jawaban dari kantor cabang kurir terdekat yang digunakan.
  • Jika kesalahan dari penjual (seperti salah kirim, barang rusak/cacat/defect), maka pembeli berhak untuk meminta retur atau tukar barang dan segala biaya kirim ditanggung oleh penjual. Semua biaya kirim yang dibayarkan oleh pembeli saat mengirim kembali returan atau ditukarkan, akan dibebankan kepada penjual dengan memotong dana yang tersedia di akun rekening ekiosku milik penjual.
  • Saat tukar barang, pembeli hanya bisa menukar dengan barang yang dibeli namun rusak, tidak bisa menukar produk lain kecuali sudah ada kesepakatan antara penjual dan pembeli.
  • Cara klaim adalah pembeli mengirimkan email dan gambar atas produk yang diterimanya rusak atau cacat kepada pihak penjual dan WAJIB untuk melaporkan kepada pihak management supaya melakukan penahanan pembayaran dengan secepatnya dalam waktu 24 jam. Kemudian, menunggu respon dari penjual untuk mengklarifikasi masalah/sengketa tersebut. Pihak ekiosku.com tidak bertanggung jawab atas sengketa yang timbul, namun hanya akan memproses pembayaran setelah masalah/sengketa di selesaikan oleh phiak pembeli dan penjual. Selama sengketa, pihak management berhak menahan dana pembeli/penjual.
  • Berikut adalah contoh klaim dan merupakan tanggung jawab penjual
      1. Barang tidak sesuai gambar atau yang dipajang di etalase.
      2. Barang rusak / tidak berfungsi, dan kondisi packing tidak rusak.
      3. Barang rusak / cacat yang dikarenakan packing yang tidak layak dari penjual.

    Keterangan: penjual wajib untuk mempacking produk jualan sebagus mungkin dan setebal dan seaman mungkin untuk menghindari kerusakan akibat packing yang tidak layak. Penjual juga harus melabel packingan dengan label mudah pecah agar kurir lebih berhati hati.

  • Apabila barang yang dikirim dalam kondisi baik dan sesuai dengan diskripsi etalase penjual NAMUN pembeli salah pesan, itu merupakan resiko pembeli sendiri atas kecerobohannya. Penyelesaian ini kembali kepada kebijaksanaan penjual dan pembeli untuk mengatasi masalah ini.
  • Apabila kerusakan akibat kecerobohan kurir pengiriman, maka pihak penyedia jasa pengiriman lah yang bertanggung jawab atas kerusakan yang timbul apabila pembeli membeli asuransi pengiriman. Penyelesaian masalah adalah
  • Lamanya penyelesaian atas komplainan adalah maksimal 3 (tiga) hari kerja. Apabila belum ada solusi atas suatu masalah, maka manajemen ekiosku.com akan menentukan pemenang sengketa yang didasari track record masing masing. Tidak menutup kemungkinan pihak manajement ekiosku.com menyerahkan penyelesaian sengketa melalui jalur hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Segala keputusan manajemen ekiosku.com adalah absolut dan final.
  • Hanya jika solusi tercapai, maka pihak management portal www.ekiosku.com akan memindahkan dana ke rekening pihak yang berhak atas dana tersebut.
  • Pembeli dianjurkan untuk memberikan reviewnya kepada penjual/produk jika memuaskan ataupun tidak memuaskan melalui Review Produk yang dibelinya.

Sumber: http://ekiosku.com/bantuan/klaim_dan_keluhan

Sekian Penulis berbagi tulisan tentang Klaim & Keluhan di Ekiosku.com. Silahkan baca juga tulisan lain tentang Cara Pembelian dan Prosedure Pengiriman Pesanan di Ekiosku.com, Gratis Ongkos Kirim di Ekiosku.com, Pembayaran dan Pengembalian Dana di Ekiosku.com, Cara Membuat Toko Online Gratis Di Ekiosku.com, cara daftar di Ekiosku.com, Fitur Ekiosku.com, dan Berbagi Berfikir. Semoga bermanfaat.