Sedikitnya hampir 300 orang anak berusia 11 tahun atau di bawah usia legal untuk minum minuman beralkohol di Inggris didapati meminum terlalu banyak alkohol, demikian hasil investigasi BBC Radio 5 menunjukkan.

Data-data juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan terdapat 6.500 orang berusia di bawah 18 tahun diakui mengidap penyakit yang berkaitan dengan alkohol pada sepanjang tahun 2013.

Data ini didapat dari dinas kesehatan Inggris dengan menggunakan UU Kebebasan Informasi.

Saat ini, anak perempuan lebih banyak terlibat penyalahgunaan alkohol dibandingkan dengan anak laki-laki. Hal ini berkebalikan dari tren masa lalu.

Selama lima tahun terakhir terdapat hampir 48.000 kasus di Inggris di mana anak berusia di bawah 18 tahun telah dinyatakan terjangkit penyakit yang terkait dengan minuman atau obat-obatan.

Rentan pelecehan

Dr Morten Draegebo, konsultan kesehatan dari Cross House Hospital in Kilmarnock, Skotlandia, mengatakan anak-anak ini sangat terekspos bahaya.

Dia berkata: “Ada masalah dengan kemampuan mereka untuk membela diri. Pasien ditemukan di lapangan.

“Mereka sering bersembunyi dari orang dewasa hingga mereka dijemput oleh ambulans.

Draegebo mengatakan bila sudah demikian, para anak ini tidak mampu mempertahankan diri dari serangan yang mungkin dilakukan orang lain.

Ia menambahkan: “Ada banyak kasus dimana para remaja perempuan mengadu bahwa mereka telah dilecehkan secara seksual dan masih dalam kondisi mabuk dan tertekan. Mereka berkata, ‘Saya mungkin sudah (dilecehkan),’ tapi mereka juga tidak yakin apakah mereka dilecehkan atau tidak.”

“Sebagai manusia itu sangat menyedihkan. Saya adalah orang tua. Saya benci bila hal itu terjadi pada anak perempuan saya.” (bbc.co.uk, 30/9/2013)

Source: Religi