HTI Press. “Remaja Smart? Yes! Remaja Berprestasi? So Pasti! Remaja Smart With Islam, Cerdas yang Cemerlang…” adalah bagian dari yel-yel yang diserukan oleh para peserta TALKSHOW Remaja Smart With Islam “Eksis Syar’i Remaja Islam : Eksisnya Tetep, Pahalanya Dapet”.

Acara yang diadakan oleh Tim Dakwah Sekolah MHTI daerah Ciledug ini dihadiri oleh sekitar 60 remaja Muslimah dari sekolah-sekolah di wilayah Ciledug-Cipondoh. Para pembicara dalam talkshow ini, Syahrini Ramadhan, S.Kep.,Ns. serta Ela Nurlaela memaparkan dengan jelas seputar fenomena remaja putri khususnya remaja Muslimah yang beramai-ramai mengikuti kontes-kontes kecantikan juga ajang-ajang bakat, dengan anggapan bahwa kontes-kontes tersebut akan mengasah bakat mereka serta menjadikan mereka remaja yang berprestasi. Padahal kontes atau ajang-ajang tersebut tidak bisa menjadikan mereka benar-benar berprestasi.

Para remaja yang identik dengan masa pencarian jati diri dan keinginan untuk menunjukkan eksistensi diri mereka di tengah-tengah lingkungannya, dimanfaatkan oleh para penyelenggara kontes-kontes tersebut untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Menganggap bahwa ajang-ajang bakat tersebut akan mencerdaskan para remaja adalah salah besar. Para remaja justru makin disesatkan oleh sekian banyak kontes juga ajang bakat yang diadakan di negri ini. Tidak terkecuali kontes yang mengangkat tema Islami, seperti kontes World Muslimah. Dari luar terlihat bahwa kontes kecantikan ini lebih baik karena tema-tema Islami yang diusung. Namun nyatanya, kontes ini sama saja seperti kontes kecantikan lainnya, hanya memerhatikan penampilan semata.

Para pembicara pun menjelaskan bahwa banyak aktivitas yang bisa dijalankan oleh para remaja Muslimah ini untuk eksis dan berprestasi, namun tetap sejalan dengan syari’at Islam. Banyak Muslimah di masa Rasulullah juga pada masa Kekhilafahan yang bisa dijadikan teladan. Mereka adalah para Muslimah yang telah terbukti bahwa eksistensi juga prestasinya memberikan pengaruh nyata bagi seluruh umat. Jadi, tetap eksis tapi syar’i, why not?

Source: Religi