Aktifitas SEO (Search Engine Optimization) akan lebih ringan dilakukan jika dibantu dengan tools SEO. Terutama aktivitas nge-backlink (link building). Beberapa contoh tools SEO yang bisa melakukan automatic backlink adalah : SENukeX, XRumer, NoHand SEO, GSA SER. Sayangnya tools ini berbayar dan harganya tidak murah. Kita masih bisa mencoba tools SEO yang gratisan untuk membantu link building. Walaupun tidak full automatic alias semi manual, tools berikut ini sangat membantu dalam proses backlink :

Virtual-XP-SEO-Ready

1. GScraper Free

GScraper Free merupakan salah satu tool SEO gratisan yang luar biasa fungsional yaitu sebagai pencari sumber Backlink (BL Scraper). GScraper ini melakukan pencarian sumber Backlink (scraping) menggunakan teknik Footprint SEO (baca lebih lanjut mengenai Footprint SEO di sini dan di sini). Keunggulan GScraper Free : dengan tambahan Proxy, GScraper ini bisa dengan sangat cepat melakukan scraping (kecepatannya bisa 1000 url per menit). Keunggulan berikutnya adalah hasil scraping bisa kemudian di cek PageRank (PR) nya, baik PR Domain maupun PR URL. Selain itu GScraper Free juga bisa mendukung multiple Proxy untuk menghindari blocking IP oleh Google.

GScraper Free SEO Tool

Gscraper Free bisa di download di sini

 

2. PaRaMeter

PaRaMeter juga merupakan tools SEO gratisan yang dahsyat. Fungsi utama PaRaMeter adalah melakukan ekstrak suatu domain sehingga menghasilkan url url turunan, kemudian PaRaMeter akan memberikan informasi PageRank (PR) dari url tersebut. Tentu saja ini sangat berguna untuk mendapatkan url web yang ber PR tinggi sebagai ladang untuk menanam backlink.

PaRaMeter Free Tools SEO

PaRaMeter bisa di download di sini

3. Free Monitor For Google

Free Monitor Foor Google berguna untuk melakukan cek peringkat pencarian Google dengan banyak keyword sekaligus (multiple keywords) sehingga kita tidak usah satu persatu cek peringkat keyword menggunakan internet browser, tentu ini sangat menghemat waktu kita. Bahkan PaRaMeter ini bisa melakukan cek peringkat hingga posisi urutan ke 1000 di Goolge, tapi tentu saja semakin banyak urutan yang dicek, prosesnya makin lama dan membutuhkan Proxy.

Free-Monitor-For-Google-Free-SEO-Tool

Free monitor bisa di download di sini

 

Source: Tutorial